Cara Hapus Email Lama di Gmail

Menghapus email lama di Gmail bisa jadi solusi untuk mengatasi kapasitas penyimpanan yang penuh.

Setiap pengguna Gmail diberikan kapasitas penyimpanan sebesar 15 Giga Byte oleh Google. Kapasitas tersebut masih harus berbagi dengan Google Drive dan layanan Google tertentu lainnya. Apabila penuh, pengguna Gmail tidak bisa lagi menerima email masuk.

Agar kembali dapat menerima email, pengguna perlu menghapus permanen sebagian file seperti di Google Drive atau email di Gmail. Langkah tersebut bertujuan untuk memberikan ruang kosong pada kapasitas yang bisa digunakan untuk menyimpan email baru.

Berikut kami memberikan tips dan langkah-langkah menghapus email lama dengan tujuan menambah ruang kosong kapasitas.

Backup Email

Langkah awal, kami menyarankan untuk backup email. Cara termudah menggunakan Google Takeout takeout.google.com.

Dengan menggunakan Google Takeout, email Anda akan di-backup seluruhnya dalam bentuk file berformat .MBOX. File tersebut berisikan email-email Anda termasuk inbox dan outbox yang dapat dibaca kembali secara offline menggunakan aplikasi email client seperti Mbox Reader atau Thunderbird. Jadi Anda tidak akan kehilangan email Anda yang mungkin saja isinya berarti dikemudian hari.

Hapus Menggunakan Pencarian Lanjutan

Cara terbaik menghapus email lama adalah dengan pencarian lanjutan di Gmail. Anda bisa menentukan rentang waktu email yang akan dihapus. Selain itu Anda juga bisa filter email yang berukuran besar misal diatas 2 Mega Byte. Alhasil penghapusan email lama akan lebih efisien. Berikut adalah caranya.

1. Buka gmail.com dan login menggunakan Web Browser.

2. Pada kolom pencarian, klik tanda panah ke bawah (Show search option).


3. Pemilihan opsi Greater than 2 MB adalah opsi untuk menampilkan email yang berukuran lebih dari 2 Mega Byte, dikombinasikan dengan Date Within untuk menampilkan email dalam rentang waktu setelah dan sebelum tanggal yang Anda tentukan. Misal jika menentukan 1 Januari 2017 maka akan menampilkan email dari 1 Januari 2016 sampai 1 Januari 2018. Opsi ini dapat Anda sesuaikan.

4. Klik Search.


5. Akan tampil email-email yang sesuai dengan filter yang sudah ditentukan. Ceklis Select All kemudian klik Select all conversations that match this search lalu klik icon Delete.


6. Untuk menghapus secara permanen, pilih menu Trash kemudian Empty trash now.



Hapus Berdasar Email Terlama

Cara lainnya Anda juga bisa memilih satu per satu email diurutkan dari email terlama, caranya:

1. Pada menu Inbox klik Oldest.


2. Ceklis email yang akan dihapus.

3. Klik Icon Delete.

4. Hapus permanen email tersebut dari folder Trash.

Baca Juga:

Tidak ada komentar:

Bagi kami, komentar dari kamu sangatlah berharga.

Diberdayakan oleh Blogger.