Cara Purge Cache di Cloudflare

Kamu mungkin baru saja melakukan perubahan pada sebuah website namun ketika dicek menggunakan browser tampilan tidak berubah, kemudian kamu ingat kalau kamu menggunakan Content Delivery Network (CDN) Cloudflare.

Untuk melihat perubahan tersebut, kamu perlu melakukan purge cache di dashboard Cloudflare website kamu. Cara ini perlu dilakukan karena pada dasarnya Cloudflare menyalin tampilan website kamu untuk ditempatkan di berbagai server Cloudflare, sehingga jika pengunjung mengakses website kamu maka akan mengambil data dari server Cloudflare yang terdekat dengannya. Ini bertujuan untuk mempercepat waktu muat website kamu bagi pengunjung yang mengaksesnya.

Berikut adalah cara purge caching di Cloudflare:

1. Login ke Cloudflare melelui link berikut https://dash.cloudflare.com/login

2. Pilih salah satu website kamu


3. Pilih menu Caching > Configuration > Purge Everything.
Purge Everything untuk menghapus cache Cloudflare di seluruh halaman website kamu, ini akan membuat website sementara waktu lebih lama diakses karena belum memiliki cache di awal.

Jika kamu ingin menghapus cache di beberapa halaman saja, kamu bisa memilih Custom Purge dan menaruh link halaman yang akan dihapus cache-nya. Cara ini lebih baik karena tidak membuat website kamu lambat diakses sesaat setelah purge cache namun memiliki batasan hanya 30 halaman dalam satu waktu dan memerlukan lisensi Enterprise untuk purge berdasar Hostname, Tag dan Prefix. Akun standard hanya bisa purge berdasar URL.


4. Proses purge membutuhkan waktu 30 detik. Setelahnya kamu bisa cek kembali website kamu di browser.

Jika kamu ingin menonaktifkan cache untuk sementara waktu supaya perubahan yang kamu lakukan dapat terlihat tanpa perlu berkali-kali purge, kamu bisa mengaktifkan Development Mode di Cloudflare dengan cara:

1. Masuk menu Caching > Configuration > Scroll ke bawah lalu aktifkan Development Mode.


Development Mode mem-bypass cache Cloudflare selama 3 jam, setelahnya kamu bisa mengulangi langkah ini kembali jika masih melakukan perubahan website. Tidak seperti purge yang menghapus cache. Development Mode hanya men-suspend cache sementara waktu (3 jam).

Tidak ada komentar:

Bagi kami, komentar dari kamu sangatlah berharga.

Diberdayakan oleh Blogger.