Cara Tes PING IP Address di Android

Meskipun kebanyakan tidak memiliki fitur bawaan berupa jendela baris perintah seperti Command Prompt pada Windows atau Terminal di Distro Linux Dekstop, nyatanya OS Android di Smartphone bisa melakukan Tes PING ke perangkat di jaringan lokal atau internet.

Tes PING berguna untuk mengetahui apakah perangkat kamu terhubung dengan perangkat lain dalam sebuah jaringan. Perangkat yang saling terhubung memungkinkan untuk melakukan transfer data antar perangkat tersebut.

Cara termudah untuk melakukan tes ping di Android adalah dengan menginstal aplikasi PingTools Network Utilities melalui Google Play Store.

Aplikasi PingTools dapat digunakan secara gratis dan memiliki fitur alat jaringan komputer lainnya yang cukup banyak, jadi sangat bermanfaat sekali bagi kamu yang menekuni dunia IT terlebih di bidang jaringan.

Berikut adalah langkah-langkah melakukan Test Ping di Android menggunakan PingTools:

1. Install PingTools Network Utilities melalui Google Plat Store.

2. Pilih menu Ping.

3. Lakukan PING ke Alamat IP tujuan atau URL seperti www.google.com


Jika status PING berhasil dipancarkan dan diterima, maka test ping ke perangkat atau layanan tujuan berhasil.

Jika status kesalahan atau 100% paket hilang, maka perangkat kamu belum dapat terhubung melalui jaringan dimaksud ke perangkat tujuan.


Berikut adalah beberapa solusi jika test ping yang kamu lakukan belum berhasil:
  • Jika melakukan test melalui jaringan lokal atau private, pastikan perangkat kamu dan perangkat tujuan berada dalam satu jaringan.
  • Bila gagal melakukan test ping ke Alamat IP public atau ke Nama Domain, pastikan perangkat Android kamu terhubung ke Internet. Jika masih belum berhasil, cobalah untuk bertanya ke  penyedia layanan atau perangkat tujuan.

Tidak ada komentar:

Bagi kami, komentar dari kamu sangatlah berharga.

Diberdayakan oleh Blogger.