Cara Nonaktifkan Kamera Laptop di Windows 10

Pernah lihat teman kamu menutup kamera yang ada di laptop dengan lakban atau stiker penutup lainnya? Tujuannya tentu untuk menjaga privasi guna menghindari hal tidak terduga seperti kamera menyala secara tiba-tiba di kondisi tertentu dan tanpa sepengetahuan mengambil gambar.

Sebagai contoh, saat awal membuka aplikasi video conference seperti Zoom Meeting atau Google Meet, ada kemungkinan tanpa sengaja kita join dan mengaktifkan kamera, padahal dalam kondisi yang belum siap.

Kemungkinan lain yaitu mengantisipasi adanya program jahat di komputer kamu yang secara diam-diam merekam melalui kamera laptop dan mengirim hasilnya melalui sambungan internet secara diam-diam pula. Hal ini tentunya berbahaya.

Karena itu, beberapa produsen laptop menambahkan fitur penutup kamera secara manual dalam mengatasi isu tersebut. Namun, kebanyakan lainnya tetap tanpa penutup kamera bawaan.

Dibanding menutup kamera laptop dengan stiker yang lama-kelamaan bisa mengurangi kualitas gambar karena bekas stiker yang menempel di lensa serta mungkin dianggap parno oleh orang lain yang melihatnya, ada baiknya kamu mematikan kamera melalui fitur bawaan di Windows 10.

Berikut adalah cara menonaktifkan kamera laptop di Windows 10:

1. Masuk ke menu settings dengan cara klik Start > Settings, atau melalui kolom pencarian dengan mengetik "settings".


2. Pilih Privacy.


3. Pilih menu Camera lalu pada Allow apps to access your camera, nonaktifkan atau switch ke off.


Sampai di sini, kamu sudah berhasil mematikan kamera melalui pengaturan bawaan Windows 10. Jika ingin menyalakannya kembali, lakukan hal yang sama namun switch ke on.

Jika hanya ingin mematikan kamera di beberapa aplikasi saja, kamu bisa switch ke off pada aplikasi yang tidak kamu izinkan untuk mengakses kamera.



Tidak ada komentar:

Bagi kami, komentar dari kamu sangatlah berharga.

Diberdayakan oleh Blogger.