Cara Cek Detail Spesifikasi Prosesor di Android

Single on Chip (SOC) atau biasa disebut prosesor adalah komponen inti seperti layaknya otak manusia pada perangkat komputer termasuk pada ponsel pintar yang kamu miliki.

Tugas utama SOC adalah mengolah sebagian besar data mulai dari perintah masukkan yang dilakukan oleh pengguna seperti mengetik dan mengambil gambar melalui kamera sampai mengirim keluaran berupa data suara, gambar dan sebagainya.

Mungkin kamu sudah mengetahui spesifikasi SOC apa yang digunakan di ponsel pintar kamu melalui informasi yang ada di kotak kemasan atau pada menu tentang ponsel, namun biasanya informasi yang ditampilkan hanya merek, tipe dan seri SOC nya saja.

Bagi kamu yang ingin lebih tahu detail mengenai SOC yang ada di ponsel pintar kamu, berikut adalah caranya:

1. Download dan instal aplikasi CPU-Z melalui Google Play Store.

2. Buka aplikasi, pada tab SOC akan tampil detail spesifikasi SOC mulai dari Merek, Model, Cores, Architecture, Clock Speed, hingga GPU Renderer.

Sebagai contoh di atas, merek SOC yang digunakan adalah MediaTek dengan tipe Helio G80 dengan clock 2.0 GHz serta memiliki 8 inti (Cores).

Informasi lainnya, 8 inti ini masing-masing sebanyak 2 inti ARM Cortex-A75 dan 6 ARM Cortex-A55, dibuat dengan pabrikasi 12nm (biasanya semakin kecil ukuran, semakin efisien kinerja SOC tersebut).

Untuk menampilkan display yang baik, SOC ini menggunakan GPU Mali-G52 yang bertugas untuk mengolah grafis seperti gambar, video hingga gerakan gambar dalam game.

Sampai di sini, kamu sudah bisa memeriksa detail spesifikasi SOC di ponsel pintar.

CPU-Z juga bisa menampilkan informasi lain yang tertanam di ponsel pintar kamu, seperti Device Info yang menampikan spesifikasi komponen utama, System yang menampilkan informasi versi perangkat lunak, Battery untuk memeriksa kesehatan baterai, Thermal, hingga Sensors yang menampilkan apa saja sensor yang ada di ponsel pintar kamu.

Tidak ada komentar:

Bagi kami, komentar dari kamu sangatlah berharga.

Diberdayakan oleh Blogger.