Cara Cadangkan (Backup) Postingan di Blogspot

Tidak ingin postingan yang sudah dibuat di Blogspot hilang begitu saja? Tenang, kamu bisa mencadangkan seluruhnya dan disimpan di komputer kamu.

Apa sih pentingnya mencadangkan postingan di Blogspot?

Pencadangan postingan perlu dilakukan untuk menanggulangi kehilangan artikel yang disebabkan oleh kesalahan server, kelalaian kita dalam mengelola artikel atau ulah peretas yang berhasil menghapus artikel kamu.

Sebagai contoh, jika kita tidak sengaja menghapus artikel di blog, kita bisa dengan mudah mengembalikan artikelnya dengan memanfaatkan menu Impor Konten.

Jika kamu rutin memposting artikel di Blogspot, sebaiknya lakukan pencadangan artikel secara berkala agar kamu tetap memiliki cadangan yang terbaru.

Selain antisipasi kehilangan artikel, pencadangan postingan Blogspot juga berguna jika kamu ingin beralih ke platform blog lainnya seperti Wordpress, kamu hanya perlu mencadangkan di Blogspot dan mengunggah paket artikelnya sekaligus di Wordpress.

Berikut adalah langkah-langkah mencadangankan postingan di Blogspot:

1. Login ke blogger.com menggunakan akun Google kamu.

2. Pilih menu Setelan.

3. Pada Kelola Blog, pilih Cadangkan Konten.


4. Klik Download.


5. Tunggu beberapa saat, berkas pencadangan postingan akan otomatis terunduh dengan format .xml. Kamu bisa simpan berkas tersebut baik di komputer, flash disk, maupun di penyimpanan awan seperti Google Drive.

Demikian cara mencadangkan postingan di Blogspot. Semoga bermanfaat.



Artikel ini bertajuk Blogspot. Kamu bisa mencari tutorial Blogspot lainnya melalui https://www.caraprima.com/search/label/Blogspot

Tidak ada komentar:

Bagi kami, komentar dari kamu sangatlah berharga.

Diberdayakan oleh Blogger.