Cara Optimalkan Performa PC melalui Task Manager di Windows

Ada banyak cara untuk mengoptimalkan kinerja komputer berbasis Windows. Mulai dari uninstall aplikasi yang tidak terpakai hingga menggunakan mod Windows yang didesain khusus untuk performa seperti Windows Ghost Spectre.

Baca Juga: Cara Mudah Uninstall Aplikasi di Windows 10

Namun pada kesempatan kali ini, caraprima.com hanya menjelaskan bagaimana cara mengoptimalkan performa komputer melalui task manager.

Bagi yang belum tahu Task Manager, adalah aplikasi bawaan Windows yang berguna untuk memantau dan mengatur kinerja komputer yang bisa disesuaikan dengan keinginan pengguna. Task Manager juga berguna untuk menutup aplikasi yang hang saat digunakan sehingga komputer tetap bisa dipakai tanpa harus restart komputer.

Task Manager dapat kamu akses dengan menekan tombol Ctrl + Alt + Delete, atau melalui kolom pencarian Windows yang ada di bagian kiri bawah layar dengan mengetikkan "Task Manager".

Berikut adalah cara mengoptimalkan performa komputer melalui Task Manager:


1. End Task aplikasi yang berjalan namun tidak dibutuhkan.


Pada Tab Process, kamu bisa menghentikan aplikasi berjalan namun tidak dibutuhkan dengan cara klik kanan pada nama aplikasi lalu klik End Task.

Hentikan aplikasi yang hanya kamu kenali, karena jika salah menghentikan akan mengganggu kinerja sistem operasi. Tapi tidak perlu panik, biasanya setelah restart komputer, aplikasi yang kamu hentikan akan berjalan kembali.

Selain itu, sebaiknya hentikan aplikasi yang menggunakan sumber daya seperti CPU, Memory atau Disk yang tinggi agar lebih efisien.

2. Disable aplikasi tertentu agar tidak otomatis berjalan saat startup.

Pernah mengalami komputer lama loading-nya saat pertama kali dinyalakan? Salah satu sebabnya karena Windows otomatis menjalankan beberapa aplikasi saat komputer dinyalakan. Tujuannya saat kamu membuka aplikasi tersebut, tidak perlu menunggu waktu lama untuk menggunakannya.

Juga jika aplikasi yang kamu install membutuhkan proses yang berjalan di latar belakang seperti TeamViewer atau AnyDesk sehingga komputer lain bisa berinteraksi dengan komputer kamu tanpa kamu harus membuka aplikasinya terlebih dahulu.


Cara untuk disable aplikasi saat startup adalah dengan klik kanan pada nama aplikasi yang ada di tab Startup lalu klik kanan dan pilih Disable.


Sama seperti poin satu, pastikan hanya aplikasi yang kamu kenali dan tidak membutuhkan berjalan di latar belakang atau hanya berjalan saat kamu membuka aplikasinya.

Prioritaskan untuk memilih aplikasi yang memiliki impact yang tinggi, terdapat pada kolom keterangan Startup impact.

3. Matikan Services yang tidak dibutuhkan.

Berbeda dengan mematikan aplikasi yang dijelaskan pada poin nomor satu. Mematikan Services berarti mematikan layanan yang berjalan di Windows baik itu yang berasal dari aplikasi maupun layanan bawaan Windows itu sendiri.

Sebaiknya cara ini tidak dicoba karena sangat besar kemungkinan menjadikan komputer kamu crash atau hang. Cara ini hanya bisa dilakukan oleh ahli yang paham tentang services di Windows.

Caranya, pada kolom Services pilih layanan yang berstatus running, kamu bisa mensortirnya dengan klik Service status.

Selanjutnya, pilih services yang ingin kamu hentikan, kemudian klik kanan dan pilih Stop.


Demikian cara mengoptimalkan performa PC melalui Task Manager. Cara lain yang lebih mudah adalah dengan memanfaatkan aplikasi pihak ketiga seperti CCleaner.

Tidak ada komentar:

Bagi kami, komentar dari kamu sangatlah berharga.

Diberdayakan oleh Blogger.