Cara Atasi Tampilan Windows "Gepeng"


Tampilan layar "gepeng" seperti pada gambar di atas terjadi karena Driver kartu grafis VGA (Video Graphics Array) tidak berjalan dengan semestinya, biasanya karena Driver belum ter-install atau Driver corrupt. Umumnya terjadi sesaat setelah install ulang Windows.
Driver komputer adalah sistem yang menghubungkan perangkat keras dengan sistem operasi seperti Windows agar keduanya dapat berinteraksi dengan lancar dan optimal.
Untuk mengatasinya, kamu perlu install atau install ulang Driver VGA. Ada berbagai cara yang bisa dilakukan, seperti menggunakan CD Driver bawaan komputer, install driver secara manual dengan hanya mendownload driver VGA yang kompatibel hingga cara paling mudah menggunakan Driver Pack.

Sebagai contoh, kita akan coba perbaiki kendala tersebut menggunakan Driver Pack. Driver Pack akan menganalisa komponen perangkat apa saja yang belum memiliki Driver sehingga secara otomatis melakukan instalasi sesuai dengan merek dan tipe perangkat yang terpasang. Driver Pack juga bisa melakukan update Driver jika versi Driver yang kamu gunakan bukan versi terbaru.

Berikut adalah cara instalasi Driver Pack untuk mengatasi kendala tampilan Windows "gepeng":

1. Download Driver Pack Solution.



2. Jalankan instalasi Driver Pack.

3. Centang Run In the Expert Mode.


Cara ini berguna untuk mencegah aplikasi yang dibawa dalam paket instalasi seperti Opera Browser, Avast Antivirus dan lainnya melakukan instalasi bersamaan dengan Driver Pack.

4. Setelahnya akan tampil halaman Drivers, centang Video Card kemudian klik Install all.


5. Tunggu instalasi sampai selesai. Setelahnya Driver Pack akan melakukan restart komputer otomatis. Sesudah restart tampilan layar komputer kamu kemungkinan sudah normal.

Jika cara ini belum berhasil, kamu bisa melakukan download driver manual dengan mencarinya melalui mesin pencari seperti Google menggunakan kata kunci merek dan tipe VGA. Bisa juga melalui situs resmi pabrikan VGA tersebut.


Semoga cara tersebut bisa membuat tampilan Windows komputer kamu menjadi normal kembali. Jika gagal, ada kemungkinan VGA kamu rusak secara fisik dan perlu diganti.

Tidak ada komentar:

Bagi kami, komentar dari kamu sangatlah berharga.

Diberdayakan oleh Blogger.