Cara Cek Slot RAM di Laptop tanpa Bongkar

Mau upgrade RAM atau Memory laptop tapi ragu apakah slot kosongnya masih tersedia? Kamu mau bongkar laptop untuk mengeceknya?

Tunggu dulu, ada cara praktis untuk mengecek ketersedian slot RAM kosong di laptop, salah satu caranya dengan menggunakan aplikasi CPU-Z.

Meskipun kebanyakan laptop bawaan pabrik tersedia setidaknya satu slot kosong untuk kebutuhan upgrade atau penambahan RAM, sebaiknya tetap diperiksa apakah slot kosong tersebut masih tersedia? Sayang sekali jika sudah membeli RAM baru tapi ternyata slot-nya sudah penuh.

Berikut adalah langkah-langkah mengecek ketersediaan slot RAM laptop menggunakan CPU-Z:

1. Download CPU-Z melalui link berikut https://www.cpuid.com/softwares/cpu-z.html

2. Install CPU-Z di laptop kamu.

3. Buka aplikasi tersebut kemudian pilih tab SPD.

Pada menu Memory Slot Selection silahkan klik panah bawah, jika ada pilihan lebih dari satu berarti slot RAM yang ada jiga lebih dari satu. Jika semuanya menampilkan informasi spesifikasi RAM di sampingnya berarti seluruh slot sudah penuh, kamu tidak bisa lagi menambahkan RAM untuk keperluan upgrade.

Sebaliknya, jika hanya slot #1 yang menampilkan informasi RAM, maka slot kedua dan seterusnya bisa kamu gunakan.

Sampai di sini kamu sudah mendapatkan informasi slot RAM yang terpakai atau tersedia.

Tips:

  • Perhatikan informasi RAM jika kamu akan menambahkan RAM pada slot yang tersedia. Samakan dengan spesifikasi slot, misalkan DDR3 berarti kamu harus menggunakan RAM dengan tipe DDR3. Jika slot DDR4 kamu juga harus menggunakan RAM dengan tipe DDR4.
  • Perhatikan juga tipe clock RAM. Pada contoh di atas adalah PC-8500. sebaiknya kamu membeli RAM dengan clock yang sama, clock yang lebih tinggi tidak apa namun akan sedikit sia-sia karena sistem operasi akan menyesuaikan seluruh clock RAM menggacu pada clock terkecil, semakin kecil clock, semakin lambat proses pembacaan data pada RAM.
  • Aplikasi CPU-Z pada dasarnya untuk menganalisa spesifikasi komponen perangkat terutama pada Central Processing Unit (CPU). Tidak hanya pengecekan slot, kamu juga dapat melakukan Monitoring dan Benchmark CPU.

Tidak ada komentar:

Bagi kami, komentar dari kamu sangatlah berharga.

Diberdayakan oleh Blogger.