Microsoft Lens: Scan Dokumen Menggunakan Kamera HP Tanpa Watermark

Scan dokumen saat ini lebih praktis karena bisa melalui kamera handphone dan hasilnya pun tidak kalah bagus dengan hasil scan menggunakan perangkat khusus scan.

Caranya adalah dengan mengisntal aplikasi Scanner yang bisa kamu dapati di Play Store maupun App Store, namun sayangnya kebanyakan aplikasi tersebut untuk versi gratisnya menampilkan watermark pada hasil scan, jika ingin menghilangkan watermark tersebut, kamu harus membeli versi pro nya.

Meski demikian, ada salah satu aplikasi scanner popular yang gratis dan tidak menampilkan watermark serta ada filter dokumen sehingga hasilnya seolah-olah di-scan menggunakan perangkat scanner.

Nama aplikasinya adalah Microsoft Lens. Bagi pengguna Android, kamu bisa mencari dan menginstalnya langsung melalui Play Store.

Sebagai tips, berikut adalah langkah-langkah penggunaan Microsoft Lens untuk keperluan scan dokumen:

1. Install Microsoft Lens.

2. Foto dokumen yang akan di-scan. Microsoft Lens akan membaca dan men-crop otomatis bagian foto yang hanya menampilkan dokumen.


3. Tap konfirmasi.

4. Pilih menu Tambahkan untuk scan halaman berikutnya.


5. Jika sudah selesai scan semua halaman, selanjutnya tap Filter.


6. Pilih filter Dokumen.


7. Tap Selesai.

8. Tentukan nama file dan jenis dokumen, apakah file gambar atau pdf. Terakhir klik Simpan.


Sampai di sini kamu sudah berhasil men-scan dokumen untuk dibagikan atau disimpan tanpa perlu membeli perangkat khusus scan.

Berikut adalah beberapa fitur lain Microsoft Lens yang mungkin tertarik untuk kamu gunakan:
  • Selain scan melalui kamera, kamu juga bisa memasukan gambar dari galeri foto di handphone kamu, hanya saja untuk seleksi dokumen perlu dilakukan secara manual melalui menu crop.
  • Kamu juga bisa menambahkan Teks melalui menu Lainnya kemudian pilih Teks.
  • Saat ini ada 16 filter yang bisa kamu gunakan untuk menyesuaikan hasil scan.
  • Kamu juga bisa mencadangkan dokumen hasil scan langsung ke OneDrive sehingga saat dibutuhkan kembali, kamu dapat mengunduhnya dari perangkat manapun.

Tidak ada komentar:

Bagi kami, komentar dari kamu sangatlah berharga.

Diberdayakan oleh Blogger.