Cara Benchmark CPU menggunakan CPU-Z

Ingin mengetahui seberapa tinggi kemampuan prosesor di laptop kamu? Cara terbaik untuk mengetahuinya adalah dengan melakukan benchmark CPU.

Benchmark dalam hal ini adalah menguji kemampuan maksimum dari prosesor kamu, semakin tinggi skornya umumnya berarti semakin cepat prosesor kamu memproses data.

Hasil skor tersebut bisa dibandingkan dengan berbagai tipe prosesor lain yang memiliki skor berbeda-beda sesuai spesifikasi masing-masing. Kamu bisa membandingkan apakah prosesor laptop kamu lebih baik atau tidak disesuaikan dengan ekspektasi kamu.

Cara termudah yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan aplikasi CPU-Z. Kamu bisa mendownloadnya melalui https://www.cpuid.com/softwares/cpu-z.html Ukuran aplikasi CPU-Z cukup ringan, hanya 2 MB.

Berikut adalah langkah-langkah benchmark prosesor menggunakan CPU-Z:

1. Donwnload CPU-Z melalui link di atas.

2. Jalankan aplikasi CPU-Z lalu pilih tab Bench.

3. Pilih referensi (Reference) prosesor lain sebagai pembanding.

4. Klik Bench CPU.

Pada kolom Hasil Benchmark adalah skor prosesor kamu dibandingkan dengan skor umum tipe prosesor yang direferensikan.

Untuk mengetahui lebih detail spesifikasi prosesor kamu serta membandingkannya dengan lebih banyak tipe prosesor, kamu bisa klik Submit and Compare dan berikut hasilnya:

Sedangkan jika ingin mengetahui seberapa maksimum kemampuan prosesor kamu, kamu bisa klik tombol Stress CPU.

Pengujian ini akan berlangsung terus-menerus dalam waktu lama. Sebaiknya lakukan Stop jika peningkatan skor melambat, karena jika terus dilanjutkan berpotensi untuk merusak prosesor atau komponen lainnya karena dapat menyebabkan panas berlebih (overheat).

Sampai di sini pembahasan mengenai benchmark CPU menggunakan CPU-Z. Sebagai informasi, CPU-Z juga bisa digunakan untuk membaca secara detail spesisifikasi laptop kamu, baik prosesor, motherboard, memory atau RAM, sampai pengolah kartu grafis atau GPU.

Artikel Terkait:

Cara Cek Slot RAM di Laptop tanpa Bongkar

Tidak ada komentar:

Bagi kami, komentar dari kamu sangatlah berharga.

Diberdayakan oleh Blogger.