7 Alasan Laptop Intel Celeron Layak Dibeli

Harga perangkat komputer khususnya laptop yang menggunakan prosesor pabrikan Intel dengan jenis Celeron di pasaran kebanyakan lebih murah dibanding laptop dengan jenis prosesor Intel yang lain seperti Core i3 dan Core i5.

Mengapa demikian? Tidak lain karena jenis prosesor Celeron didesain agar memiliki nilai jual yang terjangkau namun tetap memiliki performa yang mempuni meskipun di atas kertas performa yang didapat tidak setinggi prosesor Intel jenis Core i3 ke atas pada generasi yang setara.

Dalam bagian prosesor terdapat cache CPU, yaitu memory dengan kapasitas kecil untuk menyimpan data sementara sehingga proses akan lebih cepat dibanding mengambil data dari RAM atau Harddisk yang memiliki kecepatan baca dan tulis data lebih rendah.

Cache CPU tidak bisa terlalu besar karena akan mengurangi kemampuan prosesor itu sendiri, sementara terlalu kecil juga akan mengurangi kinerja prosesor. Cache CPU yang optimal yang berkapasitas besar namun tidak sampai mengurangi kinerja prosesor inilah yang tidak ada pada Intel Celeron.

Selain itu, kecepatan prosesor juga diukur dari Clock CPU, dalam satuan umum yaitu Gigahertz (Ghz), semakin tinggi nilainya maka akan semakin cepat prosesor mengolah data, nilai 2.0 Ghz adalah kecepatan yang cukup baik digunakan.

Faktor utama lainnya yang mempengaruhi adalah Core CPU (inti prosesor), semakin banyak core selama tidak berlebihan akan membuat kinerja prosesor semakin baik. Umunya Intel Celeron hanya memiliki dua buah core.

Kebanyakan prosesor Intel Celeron memiliki Cache CPU yang dipangkas dan kecepatan clock CPU yang rendah serta jumlah core yang sedikit untuk memberikan harga jual yang ramah di kantong sehingga produsen laptop dapat menjual laptop dengan harga lebih murah jika menggunakan Intel Celeron.

Bagi kamu yang ingin membeli laptop hanya untuk browsing, presentasi melalui Power Point, mengetik di Word, video komunikasi langsung atau kebutuhan standar lainnya dan tidak ingin "merogoh kocek" dalam-dalam, tiada salahnya jika memilih laptop dengan harga murah berprosesor Intel Celeron.

Ada beberapa manfaat jika kamu memilih laptop Intel Celeron yaitu:

1. Harga Terjangkau

Seperti pembahasan di atas, harga laptop dengan prosesor Intel Celeron umunya lebih murah.

2. Hemat Daya

Prosesor Intel Celeron menggunakan daya rendah, untuk tipe terbarunya TDP (maksimum penggunaan dayanya) adalah 58 Watt.

3. Tidak Mudah Panas

Prosesor Intel Celeron tidak mudah panas karena kebanyakan tidak cocok untuk menjalankan program berat seperti game 3D modern sehingga penggunaan yang terbatas inilah yang mempengaruhi panas yang dihasilkan.

4. Setara dengan Prosesor Lawas Intel di Kelas Menengah

Prosesor Intel Celeron juga mengalami pengembangan yang signifikan tiap tahunnya, hal ini menjadikan kemampuan Intel Celeron setara dengan setidaknya dua generasi prosesor Intel Core i3 dibawah generasi yang setara.

Berikut adalah contoh perbandingan dari UserBenchmark.


5. Clock CPU Semakin Besar

Tidak semua prosesor Intel Celeron memiliki Clock CPU (kecepatan) yang rendah, pada tipe terbarunya yaitu G5905 frekuensi dasar prosesornya sudah mencapai 3.5 Ghz.

*) Penjelasan dasar mengenai Clock CPU ada pada paragraf lima.

Berikut adalah screenshot sebagian spesifikasi Intel Celeron Seri G tipe G5905 seperti yang dilansir pada intel.co.id.

6. Terintegrasi Prosesor Grafis yang Canggih

Intel Celeron generasi terbaru memiliki pengolah grafis yang terus ditingkatkan, seperti versi di atas G5905 sudah memakai Intel UHD Graphics 610.

7. Support Video 4K

Generasi terbaru mampu memainkan video 4K (video beresolusi tinggi) dengan lancar yang umumnya cukup berat ketika dijalankan atau bahkan tidak bisa dimainkan pada sebagian prosesor tipe lawas.

Tidak ada komentar:

Bagi kami, komentar dari kamu sangatlah berharga.

Diberdayakan oleh Blogger.