Cara Cek Spesifikasi Mikrotik di Winbox

Ada beberapa cara untuk mengetahui spesifikasi Mikrotik yang kamu punya, salah satunya kamu bisa mengeceknya langsung di situs https://mikrotik.com/products atau cara lainnya yaitu melalui Winbox.

Pada situs resmi Mikrotik tersebut, kamu hanya perlu memasukkan tipe Mikrotik kamu pada kolom pencarian dan mencari mana yang sesuai.

Selanjutnya, akan tampil detail spesifikasi Mikrotik yang kamu cari, seperti Tipe CPU, Lisensi RouterOS, Besaran RAM, Kapasitas Penyimpanan dan sebagainya.

Cara lainnya adalah melalui Winbox. Pastikan Mikrotik kamu dapat diakses melalui Winbox, baik melalui kabel LAN langsung atau melalui perangkat lainnya.

Baca Juga: Cara Login Mikrotik Menggunakan Winbox

Caranya cukup mudah, klik System, lalui pilih Resources.

Setelahnya, kamu akan mendapati detail spesifikasi seperti di atas, mulai dari waktu uptime Mikrotik, CPU Frequency, Total Memory dan Free Memory.

Kamu juga bisa mendapati total kapasitas dan sisa ruang penyimpanan, versi software, hingga Factory Software.

Selain langkah tersebut, kamu juga bisa mengetikan perintah "system resource print" pada Terminal Winbox sebagai berikut:

Kesimpulannya, meskipun spesifikasi melalui situs Mikrotik lebih mudah dan lebih detail. Namun, pada Winbox kamu bisa memeriksa kapasitas tersedia dan penggunaannya pada saat yang sama.

Baca Juga:

Cara Ganti Nama (Identity) di Mikrotik

Cara Dasar Setting Mikrotik Sampai Bisa Koneksi Internet

Tidak ada komentar:

Bagi kami, komentar dari kamu sangatlah berharga.

Diberdayakan oleh Blogger.