Cara Tambah RAM di Smartphone Xiaomi

Random Access Memory (RAM) adalah komponen tempat penyimpanan data sementara yang bersifat acak yang menjadi bagian dari sistem komputer.

Tidak hanya ada pada komputer konvensional, RAM juga digunakan oleh Smartphone.

RAM berguna untuk menyimpan data temporer yang sedang dioperasikan sehingga pengolahan data yang dilakukan oleh SoC (Prosesor) menjadi lebih efisien.

Semakin besar kapasitas RAM juga menjadi salah satu faktor yang membuat aplikasi lebih lancar digunakan serta dapat menjalankan aplikasi lainnya secara bersamaan.

Tidak seperti komputer konvensional yang mana penggunanya diberi kebebasan untuk meningkatkan RAM secara fisik dengan menambahkan komponen RAM, pada Smartphone, hampir semuanya tidak bisa ditambahkan RAM secara fisik.

Hal tersebut karena ukuran Smartphone yang jauh lebih kecil, alasan keselamatan pengguna dan alasan lain yang menjadi pertimbangan kenapa pada Smartphone kita tidak bisa meng-upgrade RAM secara fisik.

Untuk itu, banyak pabrikan Smartphone memperkenalkan fitur baru dimana penguna dapat meningkatkan RAM secara virtual dengan memberikan sebagian kecil ruang ROM (memori penyimpanan) yang akan digunakan sebagai RAM.

Namun hal ini tidak serta-merta meningkatkan kemampuan RAM. ROM tidak didesain secepat RAM dalam menyimpan data acak karena lebih ditujukan untuk penyimpanan data yang sifatnya permanen. Bisa dikatakan, peningkatan RAM secara virual tidak banyak meningkatkan performa Smartphone.

Meskipun demikian, kamu bisa menambahkan RAM secara virtual di Smartphone Xiaomi termasuk Redmi dan Pocophone dengan langkah-langkah berikut:

Catatan: Hanya tersedia untuk tipe Smartphone Xiaomi tertentu dengan minimum OS MIUI 12,5

1. Masuk ke menu Setelan.

2. Pilih Setelan tambahan.

3. Pilih Penambahan memori.

4. Aktifkan fitur Penambahan memori.

5. Akan diminta mulai ulang perangkat, tap Mulai ulang.

Catatan:

  • Pastikan Smartphone Xiaomi kamu memiliki ruang kosong yang cukup pada memori internal.

Baca juga: Cara Bersihkan Speaker Xiaomi dan Redmi Melalui Menu Pengaturan

Tidak ada komentar:

Bagi kami, komentar dari kamu sangatlah berharga.

Diberdayakan oleh Blogger.