Cara Tes Resolusi Maksimal Video Streaming di Android

Serupa dengan melakukan tes kecepatan koneksi internet, kamu juga dapat melakukan tes berapa maksimum resolusi yang dapat diputar saat video streming menggunakan koneksi internet perangkat kamu.

Jika tes kecepatan internet mengacu pada latensi, kecepatan upload dan download, pada test resolusi video streming, kamu dapat mengukur resolusi maksimum pemutarannya.

Baca Juga: Cara Uji Kecepatan Internet FAST Netflix

Sebagai contoh, ketika kamu mengakses video di Youtube dan memilih resolusi 1080p tetapi saat dimainkan mengalami buffering (jeda pemuatan video) berkali-kali, bisa jadi koneksi internet kamu belum memenuhi untuk memutar video dengan resolusi tersebut.

Solusinya, kamu perlu menurunkan kualitas video atau menggunakan koneksi internet yang lebih baik.

Banyak platform video sreaming memang memiliki pengaturan kualitas video yang disesuaikan dengan kecepatan internet secara otomatis. Namun beberapa diantaranya terkadang menetapkan kualitas video lebih di bawah kemampuan maksimum bandwidth internet kamu.

Misalkan sebenarnya koneksi internet kamu mampu memutar video streming dengan resolusi 720p namun diatur untuk diputar dalam resolusi 480p saja.

Hal tersebut bertujuan untuk menjaga kestabilan pemutaran video dan mengantisipasi penurunan kecepatan yang signifikan dalam satu waktu.

Untuk mengetahui berapa sebenarnya resolusi video streaming yang dapat dimainkan, kamu bisa menggunakan aplikasi Speedtest by Ookla. Berikut merupakan caranya:

Tes Resolusi Maksimal Video Streaming di Android

1. Download Speedtest by Ookla di Google Play Store.

2. Pilih menu Video lalu tap simbol "Play" di tengah layar.

3. Tunggu beberapa saat selama proses pengujian. 

Speedtest akan menguji dari resolusi terendah sampai resolusi maksimum yang dapat diputar.

4. Di akhir, akan tampil berapa resolusi maksimum dan kualitas tersebut baik untuk jenis perangkat apa.

Baca Juga: Cara Download Video di Youtube Tanpa Aplikasi

Tidak ada komentar:

Bagi kami, komentar dari kamu sangatlah berharga.

Diberdayakan oleh Blogger.