Cara Pakai Google Maps Offline Tanpa Internet di Android

Google Maps di Android ternyata bisa digunakan secara offline atau tanpa terhubung ke Internet.

Meskipun offline, fitur dasarnya seperti petunjuk arah dan penelusuran lokasi pun tetap lancar digunakan tanpa ada notifikasi sinyal GPS hilang atau memuat peta.

Untuk menggunakan Google Maps secara offline, kamu perlu mengunduh peta melalui aplikasi Google Maps nya langsung, berikut adalah caranya:

1. Buka aplikasi Google Maps.

2. Tap profil kamu yang ada di sudut kanan atas.

3. Pilih Peta Offline.

4. Tap Pilih Peta Anda Sendiri.

5. Tentukan area yang akan diunduh, lalu tap Download.

6. Tunggu beberapa saat sampai area tersebut berhasil diunduh.

Sampai di sini kamu sudah berhasil mengunduh area tertentu di Google Maps. Jadi saat kamu berada di area tersebut dan sedang menggunakan Google Maps, maka map yang digunakan adalah map offline, sehingga mampu menghemat kuota data smartphone kamu dan yang terpenting dapat digunakan secara offline.

Baca Juga: Cara Hapus Objek Mengganggu pada Foto di Android

Info:

  • Saat mengunduh peta, sebaiknya menggunakan sambungan WiFi agar tidak menghabiskan paket data kamu atau beban biaya dari operator selular yang kamu gunakan.
  • Peta offline akan diperbarui secara otomatis pada periode tertentu dan saat perangkat terhubung ke WiFi.
  • Peta offline berguna terutama untuk pengguna yang berada di lokasi yang minim jaringan internet dari operator selular seperti di daerah pegunungan dan sebagainya.
  • Agar tidak menghabiskan ruang penyimpanan internal, kamu bisa mengubah penggunaan penyimpanan melalui menu pengaturan dan ubah preferensi penyimpanan ke Kartu SD.

Tidak ada komentar:

Bagi kami, komentar dari kamu sangatlah berharga.

Diberdayakan oleh Blogger.