Cara Nonaktifkan Last Seen (Terakhir Dilihat) di Telegram

Tidak ingin pengguna lain mengetahui kapan terakhir kali kamu membuka aplikasi Telegram? Caranya adalah dengan menonaktifkan Last Seen melalui menu Settings di aplikasi Telegram.

Sebenarnya, fitur last seen bertujuan untuk menginformasikan ke pengguna Telegram lainnya yang memiliki kontak nomor kamu bahwa kamu online terakhir kali di Telegram di waktu yang tercantum.

Fitur ini memudahkan mereka untuk mengetahui apakah kamu aktif di Telegram. Jika kamu aktif, mereka bisa mencoba chat ke kamu dengan harapan dibaca atau dibalas sesegera mungkin.

Jika lama tidak aktif, mereka bisa mempertimbangkan untuk menghubungi kamu melalui platform lain seperti WhatsApp, Telepon atau SMS.

Terkadang fitur last seen dianggap dapat menimbulkan stigma negatif bagi penggunanya ketika terlewat membalas pesan, misal pengirim mengirimkan pesan dua jam yang lalu sementara ia juga mendapati penerima online satu jam lalu.

Untuk itu, agar tidak menimbulkan kecurigaan, tiada salahnya kamu menonaktifkan last seen di Telegram. Berikut adalah caranya:

1. Tap ikon menu di Telegram.


2. Pilih menu Settings.


3. Pilih menu Privacy and Security.


4. Pilih Last Seen & Online.


5. Pilih Nobody dan Ceklis untuk menerapkan.


Jika sudah, maka pengguna lain tidak dapat mengetahui apakah kamu sedang online atau tidak.

Kamu juga bisa mengecualikan pengaturan tersebut untuk beberapa orang melalui fitur Add Exception.

Demikian cara menonaktifkan Last Seen di Telegram. Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:

Bagi kami, komentar dari kamu sangatlah berharga.

Diberdayakan oleh Blogger.