Cara Teknis Atasi Berita Bohong "Hoax" di Grup WhatsApp

WhatsApp merupakan aplikasi pesan instan yang sangat populer, memungkinkan pengguna untuk berkomunikasi dengan mudah melalui ponsel pintar atau komputer.

Kecepatan dan kemudahan dalam mengirim dan menerima informasi menjadikannya alat yang sangat berguna untuk meningkatkan produktivitas sehari-hari. Namun, seperti halnya teknologi komunikasi, WhatsApp juga memiliki sisi gelapnya.

Salah satu yang menjadi perhatian karena dampak negatifnya yang cukup luas adalah berita bohong atau "Hoax."

Berita bohong ini banyak disebarkan terutama pada grup WhatsApp yang dilakukan oleh anggota grup yang sebelumnya mendapatkannya dari orang lain yang tidak kredibel tanpa melakukan cek kebenaran.

Berikut adalah cara teknis mengatasi berita bohong atau "Hoax" dari Grup WhatsApp:

Laporkan Pesan

Kita dapat melaporkan pesan bohong ke WhatsApp untuk ditindaklanjuti. Pesan yang dilaporkan akan diteruskan ke pihak WhatsApp tanpa memberi tahu ke kontak yang dilaporkan. Berikut caranya:

1. Tap tahan pada pesan yang ingin dilaporkan.

2. Tap ikon "⋮" yang ada di sisi kanan atas layar.

3. Tap Laporkan.

Kita bisa juga memblokir pengguna tersebut untuk mencegah kabar bohong lainnya dikemudian waktu.

Waspadai Pesan

Waspadai pesan yang memiliki tanda "Diteruskan berkali-kali" karena kemungkinan besar tidak diketahui siapa pembuatnya dan kebenarannya. Lakukan cross-check sebelum mempercayai atau membagikan ulang pesan tersebut.

Selain itu, pesan yang memiliki link atau tautan yang aneh dan tampak berlebihan sebaiknya juga dilakukan hal yang sama.

Keluar Grup WhatsApp

Jika salah satu atau beberapa grup berisi banyak konten berita bohong, sebaiknya pertimbangkan untuk keluar dari grup tersebut.

Berikut cara keluar dari salah satu grup WhatsApp:

1. Masuk ke dalam grup dimaksud.

2. Tap ikon ⋮ yang ada di sisi kanan atas layar.

3. Tap Lainnya.

5. Tap Keluar dari grup.

Keluar dari salah satu grup WhatsApp berarti kita tidak lagi mendapat pesan dan tidak dapat mengirim pesan ke grup tersebut.

Demikian adalah cara teknis atasi berita bohong atau "Hoax" di Grup WhatsApp. Tetaplah waspada dan jangan biarkan diri sendiri menjadi korban berita bohong.

Baca Juga: Cara Ubah Ukuran Font WhatsApp di Android

Baca Juga: Cara Aktifkan Mode Layar Gelap WhatsApp di Android

Tidak ada komentar:

Bagi kami, komentar dari kamu sangatlah berharga.

Diberdayakan oleh Blogger.