Cara Ganti DNS di Windows 11


DNS (Domain Name System) adalah sistem yang bekerja dengan cara mentranslasikan nama domain menjadi alamat IP.

Sistem ini berguna untuk memudahkan pengguna dalam mengakses situs di internet karena hanya perlu mengingat nama domain tanpa harus memasukkan alamat IP situs.

Pada dasarnya, situs di internet ditempatkan di komputer server yang terhubung dengan komputer-komputer lain di seluruh dunia dan berkomunikasi melalui protokol berbasis alamat IP, sehingga kamu bisa mengaksesnya dari mana saja dan melalui berbagai perangkat termasuk ponsel pintar dan komputer tablet.

Sebagai contoh, kita akan lebih mudah mengakses situs Google Search dengan hanya mengetikkan google.com pada address bar di browser dibanding mengetikkan alamat IP 216.239.38.120

Biasanya, Internet Service Provider (ISP) yang kamu gunakan seperti IndiHome, Telkomsel, Smartfren dan sebagainya, secara otomatis memberikan DNS ke perangkat kamu saat terhubung ke jaringan ISP tersebut, sehingga kamu bisa lancar melakukan browsing di internet.

DNS bawaan ini bisa kamu ubah dengan penyedia DNS lain yang mungkin lebih baik seperti DNS Google yaitu 8.8.8.8 atau 1.1.1.1 milik Cloudflare. Perubahan DNS memungkinakan untuk mempercepat akses ke internet (biasanya tidak siginifikan) atau mengakses situs yang diblokir.

Berikut adalah cara ganti DNS bawaan di Windows 11:

1. Akses Control Panel melalui menu pencarian.


2. Pilih Network and Internet.


3. Pilih Network and Sharing Center.


4. Pilih Change Adapter Settings.


5. Pilih interface yang akan diubah DNS nya, contoh interface WiFi. Kemudian, klik kanan lalu pilih Properties.


6. Klik Internet Protocol Version 4 (TCP /IPv4) kemudian klik Properties.


7. Pilih Use the following DNS server addresses:

8. Masukkan 1.1.1.1 pada kolom Preferred DNS server dan 8.8.8.8 pada kolom Alternate DNS server. Bisa juga dimasukkan sebaliknya atau menggunakan DNS layanan lain.

9. Terakhir, klik OK dan Close jendela sebelumnya.


Untuk memeriksannya, kamu bisa mengakses CMD lalu mengetikkan perintah ipconfig /all

Demikian cara mengganti DNS di Windows 11. Cara ini juga tipikal jika kamu menggunakan OS Windows versi sebelumnya yaitu Windows 10, 7, atau XP.

Tidak ada komentar:

Bagi kami, komentar dari kamu sangatlah berharga.

Diberdayakan oleh Blogger.