5 Cara Atasi Microsoft Excel yang Lambat Digunakan

Sedang mengolah data di Ms. Excel namun tiba-tiba hang dan perlu menunggu lama agar bisa digunakan kembali? Atau saat digunakan, beralih antar sel menjadi lambat?

Memang menjengkelkan sekali jika dihadapkan dengan kondisi tersebut, tapi tidak perlu khawatir, kamu bisa menganalisa penyebabnya dan mensolusikannya menggunakan cara-cara berikut:

1. Tutup Dokumen Excel Lain

Membuka banyak dokumen excel akan membuat komputer semakin lambat digunakan. Hal ini karena semua dokumen yang terbuka menggunakan sumber daya memory sementara (RAM) komputer dan saling berbagi penyimpanan sehingga satu dan lainnya akan berpengaruh.

Semakin sedikit dokumen excel yang terbuka maka komputer akan semakin lancar digunakan, untuk itu sebaiknya tutup (close) dokumen excel yang tidak sedang kamu gunakan dan membuka kembali nanti saat diperlukan.

2. Tutup Aplikasi Lain

Selain membantu agar kamu lebih fokus mengerjakan pekerjaan melalui excel, menutup aplikasi lain yang sedang tidak digunakan juga membantu menyediakan ruang kosong pada RAM.

Aplikasi lain yang biasanya membebani adalah Google Chrome terlebih jika membuka banyak tab sekaligus di browser tersebut. Sebaiknya tutup tab yang tidak digunakan.

Kamu bisa memantau penggunaan memory RAM melalui Task Manager bawaan Windows yang dapat diakses dengan menekan Ctrl+Alt+Del, kemudian pilih Task Manager.


3. Gunakan Rumus yang Ringan

Banyak jalan menuju Roma, meskipun hasilnya sama namun beberapa pengguna menggunakan rumus yang kurang efisien sehingga membebani kinerja komputer. Menggunakan lebih bayak rumus dasar sepertinya akan membantu.

4. Upgrade Harddisk

Sering dianggap apapun masalahnya akan selesai dengan Solid State Drive (SSD), bagi yang belum tahu apa itu, SSD adalah komponen penyimpan data berbasis memori flash yang kecepatan baca dan tulisnya jauh lebih cepat dari harddisk yang berbasis piringan cakram.

Jika komputer kamu masih menggunakan Harddisk, ada baiknya di-upgrade menggunakan SSD. Berdasarkan pengalaman penulis, ini akan membuat sistem dan aplikasi di laptop kamu menjadi lancar termasuk saat mengoperasikan excel.

5. Banyak Data Tersembunyi

Terkadang file excel yang kita buka berasal dari kiriman orang lain, mungkin banyak data dan data berrumus yang disembunyikan pembuatnya agar apa yang tampil menjadi lebih sederhana sesuai yang dibutuhkan.

Kamu bisa menganalisannya melalui task manager, patut dicurigai jika dokumen tersebut menggunakan sumber daya RAM yang cukup banyak, lalu setelahnya kembali ke dokumen, mencari apa yang tersembunyi dan menghapusnya jika perlu.

Tidak ada komentar:

Bagi kami, komentar dari kamu sangatlah berharga.

Diberdayakan oleh Blogger.