Mengatasi Prosesor Komputer yang Menempel di Fan

Saat ingin upgrade prosesor komputer yaitu menggantinya dengan prosesor baru yang berspesifikasi lebih tinggi, ada tahapan sebelum melepas prosesor, yaitu melepas kipas (fan) prosesor terlebih dahulu.

Alih-alih hanya fan yang terlepas, namun prosesor pun ikut terlepas dari motherboard dan menempel erat pada kipas. Kamu perlu memisahkan dua komponen tersebut agar fan bisa digunakan kembali untuk prosesor pengganti. Kejadian ini biasanya terjadi pada komputer dengan prosesor merek AMD.

Pertama yang perlu dilakukan adalah mencoba memisahkannya dengan menarik prosesor menggunakan jari tangan di sebagian sisinya secara perlahan. Namun apa jadinya jika tidak juga lepas padahal sudah ditarik sampai sekuat tenaga?

Berikut adalah beberapa tips agar kamu bisa melepas prosesor yang menempel pada fan:

Geser ke Kiri dan Ke Kanan

Coba geser prosesor ke kiri dan ke kanan, tekan ke samping dengan tenaga. Jika prosesor menempel tidak terlalu erat maka cara ini akan berhasil, jika tidak juga berhasil bisa coba cara selanjutnya.

Gunakan Benang

Gunakan benang atau tali senar layangan untuk memisahkan prosesor dan fan, seperti menggergaji kayu namun ini menggunakan benang, lakukan dari sudut prosesor tarik benang antar ke kiri dan kanan membelah antara sisi luar prosesor dan fan.

Gunakan Test Pen dan Palu Kecil

Apabila cara di atas belum berhasil, cara ini mungkin akan merusak prosesor meskipun sudah berhati-hati. Gunakan test pen atau obeng minus kecil, arahkan ujungnya untuk mencongkel prosesor. Pukul perlahan sisi atas test pen menggunakan palu atau benda padat dengan fungsi serupa sampai prosesor terlepas.

Beli Fan Baru

Jika kamu tidak ingin menggunakan cara di atas dan memilih untuk mencari aman agar prosesor tidak rusak, kamu bisa membeli fan baru melalui situs E-Commerce dan menggunakannya untuk prosesor terbaru kamu.

Demikian langkah-langkah mengatasi prosesor yang menempel di fan, apabila kamu punya solusi lainnya bisa share melalui kolom komentar untuk menambah referensi pembaca berikutnya.

Pembahasan Terkait:

Cara Benchmark CPU menggunakan CPU-Z

7 Alasan Laptop Intel Celeron Layak Dibeli

Tidak ada komentar:

Bagi kami, komentar dari kamu sangatlah berharga.

Diberdayakan oleh Blogger.