Flashdisk Tidak Bisa Copy File Besar? Ini Solusinya

Mungkin kamu saat ini sedang bertanya-tanya, kenapa ya flashdisk saya tidak bisa menyalin data berukuran besar? Apa salah memilih merek flashdisk?

Tunggu dulu, bisa jadi bukan karena flashdisknya, melainkan sistem berkas atau format disk yang tertanam di flashdisk kamu.

Kebanyakan flashdisk mengadopsi sistem berkas FAT32, sistem berkas tertua yang dikembangkan tahun 1970an dan awalnya didesain untuk floppy disk.

Sistem berkas FAT32 memiliki beberapa keterbatasan dalam mengelola file, salah satunya yaitu tidak bisa menyalin file tunggal yang berukuran lebih dari 4 Gigabyte.

Mungkin ini sebabnya flashdisk kamu tidak bisa menyalin file berukuran besar meskipun kapasitas ruang penyimpanan flashdisk kamu cukup.

Untuk mengatasinya tidak perlu beli flashdisk baru, kamu hanya perlu rubah atau format sistem berkas flashdisk kamu dari FAT32 menjadi exFAT atau NTFS.

Sebelum melakukannya, terlebih dahulu kamu perlu mencadangkan seluruh isi file di flashdisk tersebut karena perubahan sistem berkas (format) akan menghapus seluruh data di flashdisk kamu.

Berikut adalah langkah-langkah mem-format flashdisk agar bisa menyimpan file besar:

1. Cadangkan seluruh data di flashdik kamu, kamu bisa menyalinnya ke komputer.

2. Pastikan flashdisk terhubung ke komputer.

3. Klik icon This PC di Desktop.



4. Klik Kanan pada icon flashdisk kamu kemudian pilih Format.


5. Pilih exFAT atau NTFS. Rekomendasi exFAT karena NTFS lebih diperuntukkan untuk media penyimpanan Harddisk.

6. Centang Quick Format, kemudian klik Start.


7. Akan tampil jendela peringatan yang menyatakan data di flashdisk akan dihapus seluruhanya, klik OK.


Tunggu sesaat, dan setelahnya flahsidisk kamu mampu menyalin data berukuran besar berupa file tunggal berukuran lebih dari 4 Gigabyte.

Tidak ada komentar:

Bagi kami, komentar dari kamu sangatlah berharga.

Diberdayakan oleh Blogger.