Cara Akses Administrator Command Prompt "CMD" di Windows

Command Prompt atau yang lebih dikenal "CMD" adalah antarmuka baris perintah yang ada di tersedia di Sistem Operasi Windows, baik Windows terdahulu seperti Windows CE, XP, atau 7, hingga kini tetap tersedia di Windows 10 dan 11.

Fungsi Command Prompt adalah sebagai pemberi perintah ke komputer berdasar teks perintah yang kamu ketikkan. Sederhananya, Command Prompt sebagai pengganti perintah berbasis grafis atau GUI, jadi kamu hanya perlu mengetikan instruksi berupa teks untuk mengeksekusi sebuah perintah.

Contoh sederhana yang sering dilakukan menggunakan Command Prompt adalah test koneksi antar komputer (PING).

Baca Juga: Cara Tes PING IP Address di Android

Kamu hanya perlu mengetikkan PING kemudian diikuti Alamat IP atau Nama Domain komputer tujuan, jika reply berarti terkoneksi, sebaliknya, jika Request Time Out berarti tidak terkoneksi di waktu tersebut. Berikut contohnya:

Tidak semua perintah Command Promt bisa dijalankan di mode standar Command Promt, beberapa perintah memerlukan Command Promt yang dijalankan dalam mode administrator, contohnya saat start atau stop spooler.

Berikut adalah langkah-langkah menjalankan Command Prompt mode Administrator:

1. Pada kolom pencarian, ketikkan "CMD".

2. Klik Kanan pada Command Prompt kemudian pilih Run as administrator.

Setelahnya akan terbuka Command Prompt dalam mode Administrator dan kamu bisa menjalankan perintah tertentu yang hanya bisa berjalan di mode administrotor.

Tidak ada komentar:

Bagi kami, komentar dari kamu sangatlah berharga.

Diberdayakan oleh Blogger.