Cara Tampilkan Seluruh Konfigurasi Mikrotik

Saat kamu melakukan konfigurasi router Mikrotik dari awal, tentunya memerlukan langkah-langkah yang cukup panjang, terlebih jika kamu memberikan aturan yang cukup banyak.


Setelah selesai, ada baiknya kamu memeriksa konfigurasinya apakah sudah sesuai atau belum.

Selain menggunakan menu-menu yang ada di Winbox seperti IP, Routing, atau System, kamu juga bisa memeriksanya menggunakan perintah di Terminal Winbox.

Dengan perintah tersebut, kamu bisa melihat seluruh konfigurasi yang telah dibuat. Cara ini dinilai lebih praktis karena lebih cepat dan mudah dianalisa.

Perintah untuk menampilkan seluruh konfgurasi Mikrotik adalah "export", kamu bisa mengakses Terminal di Winbox lalu mengetikan "export" dan tekan tombil Enter, berikut contohnya:

Tampilan Export di Winbox

Setelahnya akan tampil seluruh konfigurasi Mikrotik kamu, mulai dari konfigurasi IP Address, DHCP Client, Interface List dan lainnya.

Selain itu. kamu juga bisa mengekspor konfigurasi Mikrotik ke dalam bentuk file yang tentunya bisa dipindahkan ke komputer kamu sebagai backup. Caranya dengan menggunakan perintah:

export file=nama_file contoh export file=backup2252022

Hasil export bisa kamu temukan di menu Files. Kamu bisa tarik dan lepaskan (drag and drop) hasilnya ke komputer kamu sebagai backup.

Ekspor Konfigurasi di Mikrotik

Demikian cara menampilkan seluruh konfigurasi Mikrotik. Sebagai informasi tambahan, cara ini cocok bagi kamu untuk memeriksa konfigurasi yang dilakukan oleh rekan kerjamu.

Tidak ada komentar:

Bagi kami, komentar dari kamu sangatlah berharga.

Diberdayakan oleh Blogger.