Cara Cek Kekuatan Signal WiFi di Android

Jika kamu menggunakan konektivitas WiFi untuk terhubung ke internet, pastinya pernah mengalami kualitas jaringan yang kurang baik. Hal tersebut membuat koneksi internet menjadi lambat atau lag saat bermain game online.

Salah satu penyebab umumnya adalah jarak antara perangkat kamu sebagai penerima dengan pemancar WiFi (Access Point) cukup jauh.

Idealnya, perangkat penerima WiFi setidaknya berada di rentang 10 sampai 25 meter dari pemancar WiFi, semakin dekat dengan pemancar, semakin baik pula kualitas jaringan antar kedua perangkat tersebut.

Untuk mengetahui signal WiFi bagus atau tidak, sederhananya kamu bisa lihat berapa bar signal yang didapat, sama seperti melihat signal operator selular, semakin banyak bar yang didapat maka semakin baik kualitasnya.

Cara lainnya yang lebih akurat adalah dengan mengukur signal strength-nya dalam satuan dBm. berikut adalah rentang kualitas kekuatan signal WiFi:

>-60 dBm artinya Sangat Baik
-61 sampai -70 dBm artinya Baik
-71 sampai -80 dBm artinya Cukup Baik
-81 sampai -90 dBm artinya Buruk
<-90 artinya Sangat Buruk

Kamu bisa menggunakan aplikasi WiFi Analyzer yang bisa kamu instal melalui Play Store untuk mengukur berapa dBm signal WiFi yang kamu dapat.


Berikut adalah contohnya:


Demikian adalah cara untuk mengetahui kekuatan signal WiFi melalui Android. Sebagai catatan, sebagian besar aplikasi WiFi Analyzer membutuhkan akses lokasi, jadi hidupkan GPS di smartphone kamu ya.

Tidak ada komentar:

Bagi kami, komentar dari kamu sangatlah berharga.

Diberdayakan oleh Blogger.