Cara Upgrade RouterOS Mikrotik secara Otomatis atau Manual

Firmware router Mikrotik (RouterOS) yang selalu diperbarui biasanya memiliki tingkat keamanan yang lebih baik dibandingkan dengan firmware yang tidak selalu diperbarui.

Setiap versi terbaru, pengembang berhasil mengatasi celah atau bugs yang ditemukan berdasar informasi pengguna atau analisa pengembang, hal ini semata-mata agar router tetap aman dari serangan peretas dan stabil saat digunakan.

Sebagai contoh, saat ini RouterOS versi 7 yang merupakan versi terbaru berhasil mengatasi puluhan bugs sekaligus dibanding versi 6. Sebagai contoh, bugs yang teratasi antara lain bgp - fixed "l2vpn" distribution, bridge - fixed TCP, UDP port parsing for loop detect warning dan capsman - fixed bridge disabling when using L2 connection, detail pembaruan lainnya bisa kamu cek di https://mikrotik.com/download/changelogs

Tidak hanya bugs yang diatasi, ada juga fitur baru yang bisa kamu gunakan, sebagai contoh bgp - added "name" parameter for connections dan profile - added "wireguard" process classificator.

Untuk itu, berikut adalah langkah-langkah memperbarui (upgarade) RouterOS Mikrotik kamu:

Cara Otomatis

1. Akses Mikrotik melalui Winbox.


2. Pilih System, kemudian Packages, lalu Check for Updates.


3. Pada kolom Channel, pilih Stable. Selanjutnya klik Download & Install.


4. Tunggu beberapa saat, Mikrotik kamu akan restart otomatis dan sudah menggnakan RouterOS versi terbaru. Untuk memeriksanya, kamu bisa memilih menu System > Resources.


Catatan: Pastikan Mikrotik kamu terhubung ke internet agar proses upgrade berjalan dengan baik.

Cara Manual

1. Cek tipe package Mikrotik kamu melalui Winbox dengan cara memilih System lalu klik Resources, pada kolom Architecture Name terdapat nama tipe package Mikrotik kamu, sebagai contoh, tipe package berikut adalah mipsbe.


2. Jika sudah didapati tipenya, akses https://mikrotik.com/download temukan tipe package yang sesuai, lalu klik icon disket (download) pada pilihan Main Package. Setelahnya, RouterOS akan ter-download ke komputer kamu.


3. Kembali ke Winbox, pilih menu Files. Akan tampil jendela File List, lakukan drag and drop RouterOS yang sudah kamu download sebelumnya ke jendela tersebut.


4. Setelah berhasil terupload, kamu perlu restart Mikrotik kamu dengan cara pilih menu System lalu klik Reboot.


5. Selamat, setelah restart, RouterOS Mikrotik kamu sudah menjadi versi terbaru. Seperti sebelumnya, untuk memeriksa apakah sudah versi terbaru, pilih menu System lalu Resources.


Demikian cara upgrade RouterOS ke versi terbaru.


Tidak ada komentar:

Bagi kami, komentar dari kamu sangatlah berharga.

Diberdayakan oleh Blogger.