Cara Ganti Server Pengujian Speedtest.net

Speedtest.net yang bisa kamu akses melalui URL tersebut adalah penyedia layanan tes kecepatan internet yang popular digunakan.

Keunikan dari speedtest.net yang dikembangkan oleh Ookla ini adalah memiliki banyak server yang tersebar di seluruh penjuru dunia, jadi kamu bisa melakukan tes kecepatan internet terbaik dengan memilih lokasi server yang lebih dekat dengan lokasi kamu.

Misalkan kamu berada di Jakarta, maka kamu bisa memilih server pengujian yang berada di Jakarta, atau secara bawaan akan dipilihkan secara otomatis server terbaik yang dekat dengan lokasi kamu berada. Berbeda dengan layanan pengujian kecepatan internet lainnya yang lokasi servernya tidak tersebar dengan baik.

Tapi masalahnya, bagaimana jika kita ingin melakukan tes kecepatan internet ke lokasi server yang berada di luar negeri atau negara tertentu karena layanan yang sering kita pakai servernya ada di negara tersebut?

Tenang, speedtest.net punya solusinya. Kamu hanya perlu mengetikan nama negara pada lokasi server tujuan, atau nama penyedia server tes-nya. Sebagai contoh, caraprima.com akan mencoba melakukan uji tes kecepatan internet ke server di Singapura.

Berikut cara ganti server pengujian kecepatan internet di Speedtest.net:

1. Akses https://speedtest.net melalui browser di komputer atau smartphone kamu.

2. Pilih Change Server.

3. Ketikkan lokasi server tujuan, lalu pilih salah satu server yang tersedia.

4. Klik Go, dan tunggu sampai hasil pengujiannya selesai.

5. Berikut adalah contoh hasilnya. Kamu akan mendapatkan data berapa millisecond ping ke lokasi server tersebut, kecepatan download dan kecepatan uploadnya.

Tips:

  • Jika hasil yang didapat dirasa kurang maksimal, kamu bisa memilih kembali server lain yang dirasa lebih baik.
  • Hasil ping yang bagus untuk bermain game online adalah 30 - 90 ms.
  • Selain menggunakan browser pada perangkat, kamu juga bisa menginstal aplikasi speedtest.net di berbagai perangkat kamu seperti smatphone Android dan Apple serta Windows untuk mendapatkan pengalaman pengujian yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Bagi kami, komentar dari kamu sangatlah berharga.

Diberdayakan oleh Blogger.