Cara Ketahui Cakupan Signal 5G di Area Tertentu

Jaringan 5G menawarkan konektivitas yang lebih baik dibanding pendahulunya seperti 4G dan 3G, baik dalam kecepatan akses internet yang jauh lebih cepat, hingga latensi yang lebih rendah.

Sayangnya, saat ini baru satu atau dua operator jaringan selular di Indonesia yang sudah meluncurkan 5G untuk digunakan pengguna secara luas. Sehingga, belum banyak pilihan bagi kamu yang ingin menikmati konektivitas 5G, terlebih baru sebagian kecil wilayah yang sudah ter-cover 5G.

Bagi kamu yang ingin tahu operator selular mana saja yang sudah memancarkan 5G di wilayah kamu, kamu bisa mencoba cara berikut melalui ponsel pintar Android kamu:

1. Download dan Install Opensignal - 5G, 4G Speed Test melalui Google Play Store.


2. Buka aplikasi Opensignal tersebut, lalu pilih Icon Peta Jangkauan berikut.


3. Pada menu di bagian atas, pilih salah satu operator dan jenis pilih 5G.


4. Sebagai contoh, berikut adalah cakupan 5G Telkomsel di Jakarta dengan rata-rata kecepatan unduh 74 Mbps dan unggah sebesar 17 Mbps dengan latensi 55 ms.


Demikian cara mengetahui cakupan signal 5G di wilayah kamu. Opensignal juga dapat memetakan cakupan 4G, 3G dan 2G. Jadi, bagi kamu yang butuh pemetaan cakupan konektivitas tersebut juga bisa menggunakan aplikasi ini.


Kamu juga bisa membandingkan performa antar operator jaringan di satu wilayah untuk mengetahui operator mana yang bisa memberikan kecepatan internet yang lebih baik.

Tidak ada komentar:

Bagi kami, komentar dari kamu sangatlah berharga.

Diberdayakan oleh Blogger.