Cara Uji Kecepatan Internet di Android pakai Opensignal

Setelah sebelumnya kami membahas tentang cara mengetahui cakupan signal 5G di area tertentu menggunakan aplikasi Opensignal. Kali ini dengan menggunakan aplikasi yang sama, kita akan melakukan pengujian kecepatan koneksi internet di ponsel pintar Android kamu.

Pengujian ini untuk mengetahui seberapa cepat dan stabil koneksi internet yang kamu gunakan, baik jika tersambung ke wifi maupun koneksi internet dari operator selular kamu.

Sebagai contoh, berikut adalah hasil pengujian koneksi internet di ponsel pintar Android kami dengan menggunakan koneksi internet 4G Smartfren.

Didapati, kecepatan unduh sebesar 63 Mbps dan unggah sebesar 14 Mbps dengan latensi 21 ms. Berdasar data tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa kecepatan unduh sangat baik sehingga bisa dimanfaatkan untuk mengunduh file besar dalam waktu singkat seperti Game PC atau Film HD. Sayangnya, kecepatan unggahnya tidak sebaik kecepatan unduh, namun dengan latensi 21 ms yang cukup rendah akan membuat pengalaman dalam bermain game online menjadi lancar atau tidak lag.

Untuk melakukan pengujian kecepatan internet di Android menggunakan Opensignal, berikut caranya:

1. Download dan Install Opensignal - 5G, 4G Speed Test melalui Google Play Store.


2. Pada halaman awal, tap Uji Kecepatan.


3. Tunggu sampai beberapa saat sampai hasilnya tersaji seperti berikut:


Selain pengujian kecepatan internet, kamu juga bisa melakukan pengujian video streaming untuk mendapati berapa lama waktu pemuatan, buffering dan pemutaran, data ini berguna sebagai pembanding kemampuan koneksi internet di perangkat kamu untuk memutar video streaming seperti Netflix, Zoom Meeting atau Video Youtube.



Tidak ada komentar:

Bagi kami, komentar dari kamu sangatlah berharga.

Diberdayakan oleh Blogger.