Cara Limitasi Bandwidth Internet pada AP Ruckus Zoneflex

Jika kamu menggunakan Access Point dengan merek Ruckus dan tipenya adalah Zoneflex, kamu bisa mengatur besaran bandwidth yang dialokasikan agar tidak mengganggu trafik data lainnya yang ada di dalam satu jaringan.

Biasanya cara ini digunakan untuk membatasi kecepatan akses internet ke segmen pengguna tertentu tanpa mengganggu kecepatan internet untuk pengguna lainnya. Sebagai contoh berikut, kita akan membuat satu SSID baru pada Access Point Ruckus Zoneflex dengan kecepatan akses internet yang dibatasi.

1. Login ke Access Point Ruckus kamu melalui Browser

Catatan: Alamat IP bawaan Ruckus Zoneflex adalah 192.168.0.1 dengan username super dan password-nya sp-admin

Jika halaman login tidak dapat diakses, pastikan komputer kamu satu jaringan dengan Access Point Ruckus tersebut atau kamu bisa mencari alamat IP nya menggunakan Advanced IP Scanner yang caranya bisa kamu temukan melalui tautan berikut Cara Menemukan (Scan) IP Address Perangkat.

Jika lupa password, kamu bisa me-reset Access Point Ruckus dengan cara menekan tombol reset menggunakan jarum pada perngkat dan tahan selama 7 detik lalu lepaskan. Alamat IP, Username dan Password akan kembali menjadi bawaan.

2. Pada menu Configuration, pilih Radio 2.4G.

3. Pilih Tab Wireless 1.

4. Buat Wireless Network sebagai berikut.

Wireless Availability?: Enabled

Broadcast SSID?: Enabled

SSID: "Isi dengan nama SSID yang kamu inginkan"

Encryption Method: WPA

Passphrase: "Isi dengan kata sandi SSID yang kamu inginkan"

4. Klik Update Settings.

5. Sampai di sini, kamu sudah berhasil membuat SSID baru di AP Ruckus, namun kamu belum melakukan Limitasi Bandwidth, untuk melimitasinya, klik Edit Settings pada Rate Limiting.

6. Atur kecepatan Downlink (Unduh) dan Uplink (Unggah) kemudian klik Update Settings.

7. Ulangi langkah dari nomor dua namun dengan memilih Radio 5G untuk memberlakukan konfigurasi yang sama pada frekuensi WiFi 5G.

Sampai di sini, kamu sudah berhasil melakukan limitasi bandwidth pada Access Point Ruckus Zoneflex, kamu bisa megujinya dengan Cara Uji Kecepatan Internet FAST Netflix atau layanan speed test lainnya.

Baca Juga: Cara Cek Kekuatan Signal WiFi di Android

Tidak ada komentar:

Bagi kami, komentar dari kamu sangatlah berharga.

Diberdayakan oleh Blogger.