Cara Tampilkan Konfigurasi Router Cisco yang Berjalan

Router Cisco perlu dikonfigurasi agar berfungsi sesuai dengan prosedur dan topologi yang diinginkan. Mulai dari IP Address, NAT,  IP Pool dan sebagainya.

Tentunya, setelah melakukan konfigurasi tersebut, kita perlu cek apakah sudah sesuai atau belum. Hal yang sama juga berlaku jika kamu memeriksa konfigurasi yang di-'config' oleh orang lain.

Hal pertama yang perlu disiapkan adalah akses ke perangkat Router Cisco kamu, bisa menggunakan kabel konsol Cisco atau melalui jaringan seperti Telnet dan sebagainya.

Jika sudah terhubung, masukkan perintah berikut melalui Command Line Interface, bisa melalui aplikasi Putty jika kamu menggunakan Router Cisco sungguhan atau menu CLI jika Router yang kamu gunakan adalah simulasi melalui aplikasi Cisco Packet Tracer.

Sebagai contoh, kita akan coba menampilkan seluruh konfigurasi Router Cisco yang berjalan menggunakan Cisco Packet Tracer:

1. Tambahkan Router Cisco di lembar kerja.

2. Klik ganda Router tersebut lalu pilih tab CLI.

3. Ketikkan "enable". jika diminta password, masukkan password router tesebut, lalu enter.

4. ketikkan "show running-config" lalu enter.

Setelahnya akan tampil seluruh konfigurasi Router Cisco yang sedang berjalan. Tekan enter berkali-kali untuk melihat lebih banyak.

Kamu bisa menyalin konfigurasi tersebut dengan cara copy-paste dan disimpan di notepad. Jika ingin menggunakan konfigurasi tersebut di perangkat lain, tinggal paste di perangkat lain tersebut.

Baca Juga:

Fitur Dasar Cisco Packet Tracer

Cara Buat Jaringan Client Server Menggunakan Cisco Packet Tracer

Cara Buat DNS Server di Cisco Packet Tracer

Cara Buat VLAN Trunking di Cisco Packet Tracer

Tidak ada komentar:

Bagi kami, komentar dari kamu sangatlah berharga.

Diberdayakan oleh Blogger.