Kirim Laptop Pakai Jasa Ekspedisi, Apakah Aman?

Mengirim barang elektorik termasuk komputer laptop menggunakan jasa ekspedisi seperti JNE, SiCepat atau Wahana pada dasarnya aman, karena masing-masing penyedia jasa ekspedisi memiliki SOP yang teruji untuk memastikan barang yang dikirim tetap dalam keadaan baik.

Meskipun demikian, tetap ada resiko laptop rusak atau hilang dalam perjalanan, kerusakan sendiri bisa disebabkan pengemasan oleh pelanggan yang kurang baik sehingga laptop yang umumnya rentan terhadap benturan tersebut mengalami kerusakan selama perjalanan.

Sebagai antisipasi kedua hal tersebut, berikut caraprima.com berikan tips nya agar laptop yang kamu kirimkan tetap aman:

1. Pengemasan Ganda

Umumnya pengiriman laptop dilapisi bubble wrap yang tebal untuk menahan benturan, namun sebaiknya tidak hanya itu, kamu bisa menambahkan packing peti kayu untuk lebih menahan benturan terhadap laptop. Hal ini untuk mengatasi kejadian ekstrim ketika paket laptop kamu berada di tumpukan paling bawah dan tertekan paket-paket di atasnya,

Packing peti kayu biasanya tersedia di counter jasa ekspedisi. Kamu bisa meminta kepada operator jasa ekspedisi untuk menambahkan packig peti kayu, biasanya dikenakan biaya tambahan seperti dua kali biaya pengiriman non packing peti kayu.

2. Asuransikan Kiriman

Sebaiknya asuransikan kirimanmu, ini akan membuat kamu tenang apabila laptop mengalamai kerusakan selama perjalanan atau bahkan hilang, ekspedisi atau mitra ekspedisi akan mengganti kerusakan dan kehilangan paket yang disebabkan oleh sistem atau operator ekspedisi, tentunya dengan persyaratan klaim asuransi yang sudah kamu setujui sebelumnya.

Namun kamu tetap perlu packing yang aman ya, lebih baik laptop selamat sampai tujuan dibanding mengandalkan asuransi kiriman, karena butuh waktu lebih untuk membuktikan klaim dan melengkapi dokumen sampai disetujui pihak asuransi maupun ekspedisi.

3. Pilih Layanan dengan Pengiriman Tercepat

Meskipun biasanya lebih mahal, mengirim laptop dengan memilih layanan yang cepat sampai adalah pilihan terbaik.

Misalkan layanan pada ekspedisi JNE, ada yang bisa sampai dalam satu hari ada yang tiga hari. Lebih baik pilih yang satu hari agar laptop yang kamu kirimkan cepat sampai dan mengurangi resiko kerusakan selama perjalanan karena paket dengan prioritas standar biasanya perlu waktu lebih untuk sampai.

Jika dianggap mahal atau karena permintaan penerima yang memilih layanan standar (regular), tidak apa menggunakan layanan tersebut namun tetap dipastikan laptop dikemas secara baik dan tahan benturan.

4. Stiker Barang Elektronik

Tambahkan stiker barang elektronik atau barang pecah belah di sisi luar kemasan, ini untuk menandakan isi paket sekaligus memberikan informasi kepada operator agar dibawa degan lebih hati-hati, beberapa ekspedisi menyediakan stiker ini, kamu bisa memintanya atau mencetaknya sendiri.

5. Pilih Jasa Ekspedisi dengan Reputasi Terbaik

Ada banyak jasa ekspedisi di Indonesia, hampir seluruhnya memiliki reputasi baik dan terbiasa mengantar ribuan paket dalam satu hari. Sebaiknya pilih jasa ekspedisi terbaik menurut kamu.

Agar lebih mudah dan aman, kamu juga bisa memilih jasa ekspedisi yang bisa ambil langsung di rumah kamu. Tentunya mereka lebih berpengalaman membawa paket dibanding kita yang membawanya ke counter ekspedisi.

Baca Juga:

5 Tips Membeli Laptop Bekas Bekas ala Teknisi

Rekomendasi Laptop Harga 5 Jutaan dengan Spesifikasi Terbaik

7 Alasan Laptop Intel Celeron Layak Dibeli

Tidak ada komentar:

Bagi kami, komentar dari kamu sangatlah berharga.

Diberdayakan oleh Blogger.